Beri Perhatian Khusus Untuk Lansia, Dinsos Buol Laksanakan Bimbingan Sosial

 


JurnalNusantara.id, Buol - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Ir. H. Usman, M.Si, secara resmi membuka kegiatan Pemberian Bimbingan Sosial kepada Keluarga Lanjut Usia yang berlangsung di Aula Srikandi, Kelurahan Kulango, Kabupaten Buol. Acara yang diadakan pada Selasa, 25 Juni 2024 ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting dan melibatkan 37 peserta dari keluarga lanjut usia.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Buol, Sulasri, SH, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada keluarga lanjut usia. Metode yang digunakan dalam bimbingan ini meliputi pemberian materi, sesi tanya jawab, dan praktik langsung.

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buol, Asmayudin Gontjing, SP; dr. Arianto S. Panambang, M.AP; dan Wiwiek Widiastuti Batalipu, SE. Para narasumber ini memberikan pemahaman mengenai kondisi dan karakter lanjut usia, pengetahuan serta keterampilan baru, dan cara meningkatkan ekonomi keluarga. Selain itu, kesamaan persepsi antara Dinas Sosial Kabupaten Buol dengan pemerintah kelurahan dan desa se-Kabupaten Buol diharapkan dapat tercapai sehingga program kesejahteraan sosial dapat dilaksanakan dengan lebih tertib dan transparan.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Kabupaten Buol, Ir. H. Usman, M.Si, menekankan pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan lanjut usia yang jumlahnya semakin meningkat di Indonesia. Beliau mengapresiasi kinerja Dinas Sosial Kabupaten Buol yang selalu penuh semangat dalam menjalankan tugasnya dan berharap kegiatan bimbingan sosial ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial. Menurutnya, peningkatan usia harapan hidup penduduk Indonesia hingga mencapai 70 tahun merupakan indikator positif dari kesejahteraan yang terus meningkat.

Namun demikian, beliau juga mengingatkan bahwa peningkatan jumlah lanjut usia memerlukan perhatian khusus dari pemerintah, terutama dalam aspek sosial dan ekonomi. Bantuan dan perlindungan bagi lansia sangat diperlukan agar mereka dapat menjalani kehidupan dengan baik di masa tua. "Menjadi lanjut usia adalah sebuah keniscayaan, namun tidak banyak yang siap menghadapinya," ujarnya. Oleh karena itu, rehabilitasi sosial menjadi sangat penting untuk memberikan dukungan yang tepat.

Pada akhir sambutannya, Ir. H. Usman, M.Si mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan motivasi dalam pelayanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat di Kabupaten Buol. Dengan demikian, program kesejahteraan sosial di Kabupaten Buol dapat berjalan lebih efektif dan efisien demi kesejahteraan lanjut usia di daerah tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buol, Asmayudin Gontjing, SP; Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Buol, Sulasri, SH; Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Karmila Batalipu, S.IP, MM; Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Marwadi AM. Salim, S.Sos; serta Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Fadli Padjimbung, S.Ag, beserta jajaran Dinas Sosial Kabupaten Buol dan insan pers.

Sumber : Tim Humas Diskominfo

Editor : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama