Camat Bokat Buka Secara Resmi Perkemahan HUT Gerakan Pramuka Ke 63 Kwartir Ranting Bokat Di Desa Doulan

 

JURNALNUSANTARA.ID - Kegiatan Perkemahan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 di Kecamatan Bokat Kabupaten Bu resmi dimulai. 

Hal itu ditandai dengan upacara pembukaan perkemahan Pramuka yang dibuka oleh Camat bokat yang juga Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Bokat Moh. Iksan Mangge, S.Sos, di Bumi Perkemahan (Buper) Lapangan Desa Doulan Kecamatan Bokat.

Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kecamatan Bokat Moh. Iksan Mangge, S.Sos dalam sambutannya mengemukakan bahwa Gerakan Pramuka sangatlah dibutuhkan saat ini terutama dalam menghadapi tantangan zaman yang penuh dengan ketidak pastian utamanya menghadapi perkembangan teknologi dan komunikasi.

"Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini yang penuh dengan tantangan zaman, Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill soft skill dan hard skill serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan spiritual, emosional, sosial intelektual dan fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa pembaruan untuk bangsa Indonesia. Sebagai organisasi pendidikan non formal" Ujar Iksan Mangge (14/08/2024)

Ditempat yang sama Ketua Kwaran Bokat Yusuf Suleman, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anakanak dan pemuda Indonesia guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik yang  sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan. Gerakan Pramuka membina  serta mendidik anak-anak dan pemuda dengan tujuan untuk menjadi manusia yang berkepribadian tinggi,  bermoral, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tinggi kecerdasan dan mutu  keterampilannya serta sehat jasmani dan rohani. Dalam rangka membina dan mengembangkan potensi  anggota. 

"Gerakan Pramuka melaksanakan pendidikan kepramukaan dalam upaya membentuk kader pembina  pramuka yang berlandaskan atas dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Gerakan pramuka dapat diwujudkan dengan salah satu kegiatan perkemahan di alam terbuka.  Perkemahan merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengetahui bakat dan minat bagi generasi anak  bangsa. Untuk menindak-lanjuti hal tersebut, Gerakan Pramuka memandang perlu mengadakan  pembinaan sejak dini diantaranya melalui kegiatan tersebut akan terbentuk jiwa-jiwa pembangunan yang  patriotic yang memiliki kwalitas sehingga dapat mensejajarkan diri dengan perkembangan zaman" ujarnya

Sementara itu Ketua Panitia Perkemahan Pramuka, Abdullah Baculu, S.Pd menuturkan bahwa Peserta “PERKEMAHAN HUT PRAMUKA KE-63 TAHUN 2024” ini diikuti oleh seluruh Gugus Depan di Kwarran Bokat disetiap tingkatan SD, SLTP dan SLTA Sederajat berjumlah 20 peserta  masing-masing Gudep yang terdiri 10 Pa dan 10 Pi Yakni Anggota Gerakan Pramuka Golongan Siaga, Penggalang dan Penegak yang berpangkalan Aktif di SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Sederajat  se-Kwartir Ranting Bokat. Setiap Regu didampingi 1 Orang Pembina Putra dan 1 Orang Pembina Putri.

Upacara pembukaan perkemahan Pramuka diikuti oleh Kapolsek Bokat. Koramil Bokat dan para unsur Forkopincam Bokat, para Kepala Desa dan Kepala Sekolah se Kecamatan Bokat serta pengurus Kwarran GP Kec. Bokat.

Liputan: Syam Manto

Lebih baru Lebih lama