Karianto, S.Sos Tekankan Jajaran Pangawas Pemilu, Wajib Kuasai Regulasi dan Pastikan Seluruh Tahapan Berjalan Sesuai Prosedur

 


JURNALNUSANTARA.ID, BUOL, Ketua Bawaslu Kabupaten Buol, Karianto, mengatakan, Bawaslu mempunyai mandat yang luar biasa besar, dalam mengawal seluruh proses tahapan Pemilu dan Pemilihan.

Kualitas proses dan kualitas hasil Pemilu dan Pemilihan kata Dia, salah satunya adalah tergantung bagaimana pengawasan yang dilakukan Bawaslu bersama seluruh jajarannya.

“Jadi tugas kita tidak hanya sekedar terselenggarannya Pemilu maupun Pemilihan, akan tetapi lebih dari itu,  apakah hasilnya bisa dipertanggungjawabkan? Mulai dari proses maupun hasil akhirnya," terang Karianto, saat memberikan penguatan kelembagaan pada jajaran Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Momunu, Senin (5/8/2024)

Oleh karena tugas dan tanggung jawab yang sangat besar itulah membutuhkan komitmen bersama untuk bekerja profesional memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan.

Selain itu, lanjutnya, pemahaman terhadap regulasi baik Peraturan Bawaslu (Perbawaslu), Peraturan KPU (PKPU) maupun peraturan lainnya merupakan hal yang penting dan wajib dikuasai oleh seorang pengawas Pemilu/Pemilihan.

Ia menggaris bawahi, salah satu hal yang penting yang harus dipahami oleh jajaran adalah bagaimana mekanisme penanganan pelanggaran berdasarkan perbawaslu 8 tahun 2020, tentang penanganan pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

"Saat ini tahapan Pemilihan serentak tahun 2024 tengah memasuki tahapan krusial dan rentan terjadi pelanggaran. Bukan tidak mungkin kita akan dihadapkan dengan berbagai laporan pelanggaran dari masyarakat," terangnya.

Diskusi - diskusi dan kajian terkait regulasi mengenai tata cara dan mekanisme penanganan pelanggaran mulai dari teknis penerimaan laporan maupun temuan dan selanjutnya, penting  untuk terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman, kapasitas dan kapabilitas dalam bekerja, demikian Karianto. 

Sumber : Humas Bawaslu Buol

Editor : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama