KPU Buol Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati 2024

Jurnalnusanatara.id BUOL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, mengadakan Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan tahapan pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buol tahun 2024. Rapat ini berlangsung di Aula Kantor KPU Buol pada Sabtu (24/8/2024).

Ketua KPU Buol yang diwakili oleh Divisi Teknis, Eko Budiman, membuka acara rapat tersebut. Dalam sambutannya, Eko Budiman menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk membahas secara mendalam persyaratan pencalonan, serta untuk memberikan kesempatan kepada partai politik untuk memberikan masukan atau mengajukan pertanyaan terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pencalonan Pilkada nanti. “Atas nama Ketua KPU Kabupaten Buol, rapat koordinasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Buol tahun 2024 resmi saya buka,” kata Eko.

 Rapat ini juga dihadiri oleh Anggota Komisioner KPU Buol lainnya, seperti Faisal J. Usman, Ali S.S.I, Gusti Aliu, serta Plh Sekretaris, Saprianti. Selain itu, turut hadir Pejabat Bupati Buol yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol, Mansur Hentu, serta perwakilan dari Kesbangpol, Disdukcapil Buol, Kapolres Buol, Kajari Buol, Pengadilan Negeri Buol, Kepala Rutan Kelas III Leok, Bawaslu Buol, perwakilan partai politik, sejumlah organisasi masyarakat,


Eko Budiman menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai persiapan pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buol tahun 2024. “Rapat ini sangat penting untuk menyamakan persepsi secara teknis mengenai informasi terkait syarat pencalonan dan dokumen-dokumen yang wajib dilengkapi oleh bakal pasangan calon, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024,” jelasnya.

Kegiatan rapat dilanjutkan dengan pemaparan materi dari beberapa narasumber, termasuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buol, Kapolres Buol, dan Kajari Buol, yang menjelaskan secara teknis proses pengurusan dokumen syarat calon Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 2024-2029. Para narasumber menekankan pentingnya mempersiapkan semua dokumen persyaratan dengan baik dan mengatur waktu yang efektif dalam pengurusan dokumen ini.

 Diketahui, jadwal pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buol tahun 2024 sebagai berikut:

- Pengumuman pendaftaran Pasangan Calon: Sabtu-Senin, 24-26 Agustus 2024.

- Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati: Selasa-Kamis, 27-29 Agustus 2024.

- Pemeriksaan Kesehatan: Selasa-Senin, 27 Agustus - 2 September 2024.

- Penelitian Persyaratan Administrasi Calon: Kamis-Rabu, 29 Agustus - 4 September 2024.

- Pemberitahuan Hasil Penelitian Persyaratan Administrasi Calon: Kamis-Jumat, 5-6 September 2024.

- Perbaikan dan Penyerahan Perbaikan Persyaratan Administrasi Calon dan Pengajuan Calon Pengganti: Jumat-Minggu, 6-8 September 2024.

- Penelitian Perbaikan Persyaratan Administrasi Calon dan Penelitian Dokumen Syarat Calon Pengganti: Jumat-Sabtu, 6-14 September 2024.

- Pemberitahuan dan Pengumuman Hasil Penelitian Persyaratan Administrasi Calon: Jumat-Sabtu, 13-14 September 2024.

- Masukan dan Tanggapan Masyarakat terhadap Keabsahan Persyaratan Pasangan Calon: Minggu-Rabu, 15-18 September 2024.

- Klarifikasi atas Masukan dan Tanggapan Masyarakat terhadap Keabsahan Persyaratan Pasangan Calon: Minggu-Sabtu, 15-21 September 2024.

- Penetapan Pasangan Calon: Minggu, 22 September 2024.

- Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon: Senin, 23 September 2024.


Liputan Dhani

Lebih baru Lebih lama