Bawaslu Buol Gelar Rapat Kerja Sentra Gakkumdu untuk Tahapan Kampanye Pemilihan Serentak 2024



JURNALNUSANTARA.ID, Buol - 27 September 2024,  Bawaslu Kabupaten Buol mengadakan rapat kerja sentra Gakkumdu yang berfokus pada tahapan kampanye pemilihan serentak 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Surya Wisata dan dihadiri oleh berbagai pihak yang berperan penting dalam pengawasan pemilu.

Dalam acara ini, pemateri yang hadir terdiri dari Kasi Intel Kejaksaan Negeri Buol, Kasatreskrim Polres Buol, serta pimpinan Bawaslu Kabupaten Buol. Mereka memberikan pemaparan mengenai peran dan tanggung jawab masing-masing instansi dalam penegakan hukum selama masa kampanye.

"Rapat kerja ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi antar lembaga dalam menegakkan hukum pemilu, terutama dalam mencegah dan menangani pelanggaran selama kampanye"
Ujar Karianto selalu ketua Bawaslu Kab. Buol dalam sambutannya (27/09/2024)

Ketua Bawaslu Kabupaten Buol menjelaskan pentingnya sinergi antara Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi proses demokrasi.


Peserta yang hadir dalam kegiatan ini meliputi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terdekat serta anggota Gakkumdu, yang merupakan gabungan dari Bawaslu, kejaksaan, dan kepolisian. Mereka diharapkan dapat mengambil pelajaran dan strategi dari pemaparan para pemateri untuk diterapkan di lapangan.




Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengawasan dan penegakan hukum di tingkat daerah, serta memastikan bahwa pemilihan umum berjalan dengan adil dan transparan. Bawaslu Kabupaten Buol menekankan komitmennya untuk menjaga integritas pemilu dan menjamin partisipasi masyarakat yang maksimal dalam proses demokrasi.

Liputan : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama