DPRD Buol Gelar Rapat Paripurna Terkait Rancangan Perubahan APBD Tahun 2024, Fraksi Demokrat Soroti Formasi Penerimaan CPNS dan PPPK

 


JURNALNUSANTARA.ID, BUOL - Rapat Paripurna Kata Akhir Fraksi-Fraksi atas Hasil Pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 berlangsung pada Senin, 2 September 2024, di Ruang Rapat Utama DPRD Buol. Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Penjabat (Pj) Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM, Ketua DPRD Buol, Srikandi Batalipu, S.Sos, M.AP, serta anggota DPRD dari berbagai fraksi, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan tamu undangan lainnya.


Dalam rapat ini, DPRD Kabupaten Buol menyetujui perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024. Perubahan ini bertujuan untuk menyesuaikan anggaran dengan kebutuhan dan prioritas pembangunan daerah yang lebih fleksibel dan responsif.

Dalam rapat tersebut, disampaikan hasil pembahasan terkait perubahan APBD Tahun 2024. Berikut rincian anggaran sebelum dan setelah perubahan:
• Pendapatan Daerah:
o Sebelum Perubahan: Rp954.297.379.000
o Setelah Perubahan: Rp1.037.521.276.683
• Belanja Daerah:
o Sebelum Perubahan: Rp1.072.893.429.000
o Setelah Perubahan: Rp1.106.347.660.000
• Penerimaan Pembiayaan:
o Sebelum Perubahan: Rp117.706.861.000
o Setelah Perubahan: Rp68.826.396.977
• Pengeluaran Pembiayaan:
o Sebelum Perubahan: Rp117.076.861.050
o Setelah Perubahan: Rp68.826.396.977

Pendapat Fraksi-Fraksi
1. Fraksi Demokrat mengingatkan agar setiap OPD melaksanakan program dan kegiatan secara efektif dalam waktu dekat, serta memastikan kebutuhan dasar seperti pendidikan dan kesehatan terpenuhi. Mereka juga menyoroti perlunya perhatian terhadap formasi penerimaan CPNS dan PPPK, serta ketersediaan obat-obatan di Puskesmas. Fraksi ini juga meminta agar proyek-proyek seperti pusat pembibitan ternak dan tambak udang segera dimanfaatkan dan dioptimalkan.

2. Fraksi Gerindra menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan tim anggaran DPRD yang telah bekerja keras dalam pembahasan perubahan APBD. Mereka berharap agar anggaran yang telah disetujui dapat digunakan secara optimal dan sesuai dengan rencana pembangunan.

3. Fraksi PPP meminta agar Dinas Pendidikan memfokuskan anggaran pada kegiatan yang substansial dan bukan hanya pada sosialisasi. Selain itu, mereka juga mengharapkan perhatian tambahan untuk pembiayaan honor P3K dan tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan.

Pernyataan Penjabat Bupati Buol
Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM, mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses pembahasan perubahan APBD. Beliau menekankan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah dan DPRD untuk memastikan penggunaan anggaran dilakukan secara tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan. Beliau juga mengungkapkan terima kasih kepada anggota DPRD yang masa baktinya akan berakhir dan mengucapkan selamat bertugas kepada anggota DPRD yang baru terpilih.

Penandatanganan Persetujuan
Sebagai tahap akhir, dilakukan penandatanganan persetujuan bersama antara pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Buol terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024. Perubahan ini bertujuan untuk menyesuaikan anggaran dengan kebutuhan dan prioritas pembangunan daerah secara fleksibel dan responsif, serta mencerminkan komitmen terhadap perencanaan dan pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.

Dengan disetujuinya perubahan APBD, diharapkan seluruh perangkat daerah dapat segera melaksanakan langkah-langkah percepatan dalam pelaksanaan anggaran dan pengelolaan pendapatan daerah untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Sumber : Tim Humas Diskominfo

Editor : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama