Pembukaan Diklatsar II PAC GP Ansor Kecamatan Biau Resmi Dibuka oleh Asisten II Suondo Sanua, S.Sos

 D


JURNALNUSANTARA.ID,Biau -  Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) II yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Biau resmi dibuka pada Jumat, 6 September 2024. Acara yang berlangsung di Aula MAN Biau ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Pemerintah Daerah Kabupaten Buol, Mewakili Pj. Bupati Buol Bapak Suondo D. Sanua, S.Sos, serta dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pemimpin organisasi, dan para peserta pelatihan Banser.


Dalam sambutannya, Bapak Suondo D. Sanua menyampaikan apresiasi dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Buol atas terselenggaranya Diklatsar II ini. "Pertama, atas nama Pemerintah Kabupaten Buol, saya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Diklatsar Satkoryon Banser Kecamatan Biau Angkatan ke-II ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pembinaan mental, pembentukan karakter, dan pembangunan sumber daya manusia unggul di kalangan warga Nahdliyin, khususnya generasi muda di Kecamatan Biau," ucap Suondo.

Ia juga menekankan pentingnya menumbuhkan semangat kebangsaan, kerakyatan, dan keagamaan di kalangan pemuda melalui kegiatan ini. "Lebih dari itu, pelaksanaan Diklatsar yang berdekatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus kemarin sepatutnya juga bisa menjadi momentum untuk menginternalisasikan nilai-nilai nasionalisme secara lebih mendalam," lanjutnya. Suondo mengingatkan bahwa pemuda Ansor dan Banser adalah salah satu kekuatan terbesar bangsa ini dari elemen masyarakat, berperan sebagai garda terdepan dalam menjaga persatuan dan keutuhan NKRI.

Ia juga menyebutkan bahwa Pancasila telah teruji dalam sejarah sebagai pilar kebangsaan Indonesia. "Pancasila terbukti mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini, dari pasca-kemerdekaan hingga hari ini, termasuk meredam aksi separatis, pertikaian antar-ras, dan upaya memecah belah kesatuan bangsa. Hal ini tentu patut diapresiasi," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Buol, Moh. Syam S. Manto, SKM, turut memberikan sambutan kepada para peserta Diklatsar. Ia menegaskan pentingnya menjaga semangat dan kekompakan selama menjalani pendidikan dasar ini. "Saya titip pesan kepada peserta Diklat Banser agar selalu kompak dan bersemangat. Mudah-mudahan segala lelah dan pengorbanan selama mengikuti kegiatan ini tergantikan oleh semangat yang membara dan rasa bangga menjadi bagian dari barisan pemuda NU yang mengemban misi kemanusiaan dan pengamanan di masyarakat," ucap Moh. Syam.

Ia menambahkan bahwa peserta Diklatsar ini tidak hanya ditempa secara fisik dan mental, tetapi juga dibangun karakternya serta diperkuat pemahamannya tentang ke-NU-an, ke-Indonesiaan, dan bela negara. "Semua ini ditujukan untuk membangun sumber daya manusia Banser yang berkualitas dan profesional demi kesinambungan roda organisasi, mengawal ulama, dan menjaga NKRI," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Buol, Ketua Dewan Penasihat GP Ansor Buol H. Abdullah Batalipu, Dewan Penasihat Budianto Su'a, Kesbangpol Buol, KNPI, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Buol; Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Biau; Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Kecamatan Biau; serta para peserta pelatihan dan tamu undangan lainnya.

Diklatsar II ini diikuti oleh puluhan peserta yang berkomitmen untuk menjalani pelatihan dengan semangat dan dedikasi tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat mencetak kader Banser yang tangguh, berintegritas, dan siap menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan bangsa dan agama, serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Acara pembukaan ini berjalan lancar dan penuh khidmat, mengawali rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan yang akan berlangsung beberapa hari ke depan dengan berbagai materi yang mengedepankan disiplin, mentalitas, dan wawasan kebangsaan. GP Ansor dan Banser terus berkomitmen menjaga nilai-nilai Pancasila dan semangat kebangsaan demi Indonesia yang lebih baik.

Liputan: Fajria Rajak

Editor : Zakia M. Al Idrus

Lebih baru Lebih lama