Wujudkan Masyarakat yang Junjung Tinggi Nilai-nilai Hukum, Etika dan Budaya, Pemda Buol Gelar Penyuluhan Hukum



JURNALNUSANTARA.ID, BUOL - Pemerintah Daerah Kabupaten Buol melalui Bagian Hukum Setdakab Buol menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan hukum yang mengusung tema “  Mewujudkan Masyarakat Desa Cerdas Hukum Untuk Meningkatkan Masyarakat Berhati Nurani, Berbudaya, dan Tertib Hukum.” Rabu, 4 September 2024 bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Buol


Penjabat (Pj) Bupati Buol Drs. M. Muchlis, MM., membuka secara resmi kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan sambutan. Acara yang diikuti Lurah dan Kepala Desa Sekabupaten Buol ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan mendidik masyarakat desa mengenai pentingnya mematuhi hukum serta membangun budaya hukum yang baik di tingkat desa.

Turut hadir pada kesempatan tersebut para pejabat pemerintah daerah, aparat penegak hukum dan tokoh masyarakat. Acara ini merupakan langkah strategis dalam upaya membangun masyarakat yang tidak hanya memahami hukum tetapi juga berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai hukum, etika, dan budaya yang positif.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM, menyampaikan pentingnya edukasi hukum sebagai fondasi dalam menciptakan masyarakat yang tertib dan berbudaya.  Beliau juga menggarisbawahi bahwa pendidikan hukum di tingkat desa merupakan kunci untuk mengurangi sengketa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penegakan hukum yang adil dan beradab.

Melalui kegiatan ini Pj. Bupati berharap agar masyarakat umum dapat mengetahui, memahami, menghayati, mentaati dan menerapkannya dalam bersikap dan bertingkahlaku,sehingga akan turut mendukung terwujudnya visi Kabupaten Buol, “… Hukum di Kabupaten Buol bukan sekedar aturan yang tertulis melainkan dapat tegak berdiri menjadi aturan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat”. ujarnya.

Penyuluhan hukum ini juga menyajikan berbagai materi mengenai budaya hukum, etika sosial, dan norma-norma yang harus dipatuhi dalam masyarakat. Dengan demikian, diharapkan masyarakat desa dapat menjadi lebih cerdas hukum, memiliki hati nurani yang tinggi, serta mengedepankan budaya yang menghargai hukum.

Diakhir sambutan Pj. Bupati menghimbau kepada para kepala desa dan lurah dalam menghadapi pemilihan kepala daerah untuk dapat menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing, serta memantau dan menjaga masyarakatnya agar terhindar dari segala bentuk potensi permasalahan yang dapat memecahbelah persatuan dan kerukunan di masyarakat, “mari kita ciptakan pemilu yang aman, damai dan tertib”.ucap Pj. Bupati.

Sumber : Tim Liputan Diskominfo

Editor  : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama