Ali Hamzah Jadi Narasumber Sosialisasi Pengawasan Partisipasipatif, Tekankan Pemilih Milenial Jangan Termakan Berita Hoaks

 


JURNALNUSANTARA ID, BUOL - Pada Selasa, 8 Oktober 2024, Hotel Surya Wisata di Kabupaten Buol menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Buol dan menghadirkan Ali A. Hamzah, Anggota KPU Kabupaten Buol, sebagai salah satu narasumber.

Dalam materinya yang berjudul "Peranan Pemilih Pemula dalam Menyongsong Pemilihan 2024", Ali A. Hamzah menekankan pentingnya pemilih pemula, yang sebagian besar terdiri dari generasi Z, pelajar, dan mahasiswa. Ia menyebutkan bahwa golongan ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam pemilihan, mencakup sekitar 50% dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT). Oleh karena itu, generasi milenial diharapkan dapat menjadi pemilih yang bijak dan bertanggung jawab.

Ali A. Hamzah juga mengingatkan peserta untuk menggunakan media sosial dengan bijak. Ia menekankan pentingnya memilah informasi agar tidak terpengaruh oleh berita hoaks dan konten yang mengandung unsur SARA. "Pendidikan pemilih yang baik dan penggunaan media sosial yang cerdas sangat diperlukan agar pemilih pemula dapat berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi," ujar Ali (08/10/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk pelajar, mahasiswa, organisasi kemahasiswaan, serta anggota Panwascam Kordiv HP2H SE Kabupaten Buol. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ibu Dewi Trisnawati, SH, MH, Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, serta ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Buol.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para pemilih pemula di Kabupaten Buol dapat memahami peran mereka dalam pemilihan yang akan datang dan berkontribusi aktif untuk mewujudkan pemilihan yang lebih demokratis dan berkualitas.

Lebih baru Lebih lama