Majelis Mahabbatul Khairat Gelar Penutupan Maulid Arba'in Nabi Muhammad SAW 1446H

 


JURNALNUSANTARA.ID, BUOL – Majelis Mahabatul Khairat melaksanakan kegiatan penutupan Maulid Arba'in Nabi Muhammad SAW 1446H/2024M di Kampung Bugis, halaman Masjid Ar Raihan Alaydrus, dengan acara yang berlangsung dari rumah ke rumah dan masjid ke masjid. Acara tersebut juga dirangkaikan dengan Haul Sayyid Habib Ahmad Bin Aydrus Alaydrus ke-83 dan Sayyid Raihan Bin Hasan Alaydrus ke-3 pada tanggal 8 Oktober 2024 pukul 19.30 WITA.


Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Al-Habib Abdurahman Bin Hasan Aljufri, Kepala Kantor Kementerian Agama Buol KH. Nurkhairi,S.Ag.M.SI, Ketua Yayasan Mahabatul Khairat, Al-Habib Hasan bin Idrus Alaydrus, serta pemerintah Kelurahan Kampung Bugis dan jajarannya.



Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama menekankan pentingnya mengenal Rasulullah SAW dengan baik. "Saya harap kegiatan Maulid Nabi ini tidak menyudutkan niat dan tekad kita dalam mengenal Rasulullah SAW dengan lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Al-Habib Abdurahman Bin Hasan Aljufri juga menyampaikan pandangannya terkait perayaan Maulid Nabi. "Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW bisa dilakukan dengan berbagai bentuk, asalkan di dalamnya terkandung hal-hal yang baik dan tidak keluar dari ajaran Islam. Seperti yang kita lakukan hari ini, dengan membuat hidangan, membaca Ratib, dan bershalawat, asalkan tidak melanggar syariat, itu diperbolehkan," jelasnya.



Ia juga menekankan harapannya kepada generasi muda untuk lebih mengenal Nabi Muhammad SAW. "Generasi muda saat ini perlu mengenal nabi mereka. Banyak dari mereka yang tidak memahami Nabi Muhammad secara ilmiah, meskipun mereka adalah akademisi. Untuk itu, mereka perlu membaca buku-buku tentang sirah nabawi, seperti 'Fiqih Sirah' karya Imam Al-Buthi, yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan kitab-kitab lainnya. Jika seorang akademisi, maka ia harus mengenal Nabi Muhammad melalui tulisan-tulisan orang-orang yang berbicara tentang beliau," harap Al-Habib Abdurahman Bin Hasan Aljufri.

Acara berlangsung khidmat dengan rangkaian doa, shalawat, dan zikir, diiringi oleh antusiasme masyarakat Kampung Bugis yang turut memeriahkan penutupan Maulid dan haul tersebut.

 Liputan : Zakia M. Al Idrus

Lebih baru Lebih lama