Sekda Buol Tekankan Pentingnya Penguatan Ideologi Pancasila Jelang Pilkada Buol 2024

 


JURNALNUSANTARA.ID, BUOL - Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menguatkan nilai-nilai Pancasila, Pemerintah Kabupaten Buol bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Acara yang berlangsung pada 16 Oktober 2024 di Hotel Surya Wisata ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat, dan pelajar.


Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Dadang, SH., MH, dalam sambutannya menekankan pentingnya penguatan ideologi Pancasila menjelang Pilkada pada 27 November 2024. Ia menegaskan bahwa Pancasila harus diutamakan dalam menghadapi ancaman ideologi alternatif, politisasi agama, dan penyebaran hoaks. Sekda juga mengungkapkan keberhasilan program Kampung Moderasi Beragama di Desa Boilan dan Desa Modo, yang berkontribusi dalam menciptakan kerukunan antarumat beragama.

Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol, Drs. Arfan, M.Si, menekankan perlunya revitalisasi Pancasila dalam menghadapi tantangan radikalisme dan ketidakadilan hukum. “Melalui sosialisasi ini, mari kita perkuat wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Kegiatan ini diisi oleh berbagai narasumber yang ahli di bidangnya, memberikan wawasan mengenai Pancasila, bahaya radikalisme, serta pentingnya persatuan bangsa. Para peserta menunjukkan antusiasme dalam sesi tanya jawab dan diskusi.

Sebagai penghargaan atas kontribusi para narasumber, Sekda dan Kepala Kesbangpol memberikan apresiasi, diharapkan ini dapat memotivasi mereka untuk terus menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila.

Diharapkan, sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keutuhan NKRI dan memperkuat Pancasila, menjadikan Kabupaten Buol sebagai contoh daerah yang aman, damai, dan sejahtera.

Sumber : Humas Diskominfo Buol

Editor : Syam Manto

Lebih baru Lebih lama